Sunday, October 5, 2014

Triple Choco Brownies a.k.a. Brownies Sungai Cokelat

Bismillah


ini sisa adonan yang saya bikin di cup

Pertama kali melihat Ummu Allegra posting brownies temuannya ini di fb, saya langsung terpukau. Shiny crust, aliran sungai dan bebatuan chips nya sangat memukau. Brownies ini juga sempet booming di grup masak fb, menjadikan saya makin terprofokasi. Baca semua komentar yang posting, menggali pengalaman dari yang sudah pernah trial. Banyak yang berhasil tapi banyak juga yang brownies nya ambles.
Dengan seksama membaca tips yang di share Ummu Allegra. Api besar dan waktu memanggang, saya bikin persis sama. Trial pertama berhasil. Berhasil mendapatkan crust dan alirannya. Tapi kok teksturnya kering. Kelamaan niii masaknya. Saya search akun fb Ummu Allegra untuk meminta some advices. Sepertinya lain oven lain juga waktu manggangnya. Saya kurangi deh waktu masaknya. Apinya juga saya kecillin dari yang pertama. Bikin yang kedua dapet sedikit chewynya. Masih penasaran..bikin lagi. Bikinnya sambil inbox ummu alegra dan posisi saya ga jauh-jauh dari otang. Panas deh muka. Berhasil..berhasil membentuk lembah (kalau ga mau dibilang ambles). Menurut analisis empunya resep, ambles itu karena dalemnya masih basah. Tapi yang punya saya hanya sedikit kok lembahnya. Tekstur chewy banget. Hihihiiii..sebar ah buat tester. Alhamdulillah pada suka dan pada pesen. Adonannya dilebihin buat ditaruh di cup dan untuk keperluan poto-poto. Tetep aja ya..kuenya narsis. Berikut rumusan resep saya copas kan dari fb beliau
ini pesanan brownies yang bisa di ambil pic nya



TRIPLE CHOCO BROWNIES SUNGAI CHOCOLATOZ by Ummu Allegra
Bahan : 


6-7 butir telur ayam (saya pakai 6 telur)
400 gram gula pasir
250 gram gula palem atau gula merah yang dicincang kecil
225 ml minyak goreng
1-2 st vanili bubuk atau vanili pasta

200 gram DCC di tim

Choco chip untuk campuran dalam brownies dan untuk taburan. 
400 gram terigu protein sedang

50 gram cokelat bubuk


Cara buat brownies sungai :


1. 3 buah loyang brownies ukuran 10x30 cm, olesi minyak, alasi dengan kertas roti, lebihkan kertas di sisi panjangnya lalu oles lagi dengan minyak (pakai kertas HVS juga bisa)

2. Panaskan oven suhu 190°C. Kocok telur, gula pasir, gula palem, vanili, dengan mikser kecepatan paling rendah, sampai gula cukup larut saja. Saat dikocok, mikser harus digerakkan bolak balik, jangan searah. Saya pernah nyoba pakai whisk, wahduh tangan ga kuat, adonannya beratttt. Akhirnya balik lagi ke mikser deh.

3. Masukkan campuran terigu dan cokelat bubuk sambil dimikser bolak balik juga. Masukkan minyak, aduk rata. Tips lagi dari Ummu Allegra mikser harus selalu bolak-balik dan jangan searah kayak bikin cake. Masukkan choco chip sesukanya. Masukkan cokelat blok yang sudah dilelehkan. Sisakan untuk buat aliran sungainya.


4. Tuang adonan ke 3 loyang. Buat guratan aliran sungai dengan sisa DCC leleh. Taburkan choco chips lagi untuk membentuk bebatuannya.

5. Masukkan loyang pada rak paling atas, panggang selama 25 menit. Lalu turunkan suhu ke 150°C. Keluarkan brownies, tukar posisinya ke rak bagian tengah. Panggang kurang lebih selama 20-25 menit. Jangan ditambah waktu terlalu lama ya, walau brownies terasa masih menul2 empuk, karena nanti kalau terlalu kering brownies malah bisa jadi keras. Nanti brownies akan mengeras sendiri ketika mendingin, karena kandungan coklat dan gula yang banyak. (Cara masak saya, kalau saya intip lapisan crust nya sudah terbentuk maka akan saya lakukan tes sentuh, kalau sudah membal baru saya pindah ke rak tengah. Dan lagi, setelah 15 menitan, brownies akan saya sentuh, jika sudah sedikit mengeras maka akan saya keluarkan dari oven. Kelihatan banget amatirannya ya?)

Alhamdulillah semua suka rasa brownies ini. Terima kasih juga untuk Ummu Allegra yang selalu saya repotin dengan pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada habisnya.

Salam brownies !!!!




No comments:

Post a Comment